Karena Diri Kita Sangatlah Berharga

15 Jan 2011

Safety riding? Apaan tuh? :D Saya mau cerita sedikit ah dari pengalaman disekeliling saya.

Kecelakaan lalu lintas mungkin yang paling jarang saya temui ditempatsekarang saya berada, Fujisawa, Jepang. Jangankan kecelakaan, bunyi klakson aja jarang banget. Kok bisa ya? Saya juga heran banget. Okelah anggap Fujisawa bukan kota yang terlalu besar, tapi Tokyo dan Yokohama adalah kota metropolitan. Yang tentunya kendaraan juga bejibun, tapi kondisi yang sama tetap saya rasakan. Bunyi klakson aja jarang, apalagi kecelakaan, heran kan ^_^

jepang

Ini sangat beda sekali dengan kota kecil tempat saya sebelumnya. Cuma kota kecil tapi hampir setiap rumah punya motor, dan yang menakjubkan angka kecelakaan motornya gede banget. Klo ke RS pasti tiap hari ada aja yang jadi korban kecelakaan lalu lintas, dan yg dirujuk ke Rumah Sakit propinsi banyak banget karena ga bisa ditangani oleh RS Kabupaten, sampai-sampai saya denger keluhan dari RS propinsi kenapa banyak banget korban kecelakaan yg dirujuk ke propinsi, dan kabupaten saya pemegang rekornya. Saya tambah heran dengan yang ini..

Dari yang heran-heran tersebut, akhirnya saya melihat kesadaran tentang safety riding benar-benar berbeda antar kedua negara. Di Indonesia kepedulian terhadap keselamatan berkendaraan sepertinya hanya teori belaka, bahkan teori aja juga ga kayaknya. Lihatlah betapa mudahnya orang punya SIM, padahal belum tentu dia benar-benar punya kemampuan baik untuk berkendaraan. Yang benar-benar serius pakai test baik tulisan dan praktek, padahal dia beneran punya kemampuan berkendara dan ga mau pake bayar-bayaran yg lebih dari yg seharusnya (tau sama tau ajalah kita), tapi malah susah dapat SIM dan orang yang sebenarnya belum terlalu mahir pakai kendaraan bisa dengan mudah dapat SIM, yang penting dia bayar sesuai dgn yg diminta oknum. Ayo ngaku, siapa yang dapat SIM walaupun belum pernah ngerasain ujian tulis dan praktek di kantor polisi? Hehe.. Wah kalau di Jepang, dapetin SIM susahnya minta ampun. Bahkan kalau untuk mobil, harus ada tempat parkir di sekitar rumah. Ntar bakalan dicek langsung ke rumah atau apartemen, setelah ok baru dapat SIMnya. Makanya takkan ada mobil yg parkirnya ditepi jalan raya untuk diinapkan.

images1 Selanjutnya tentang kepedulian terhadap nyawa sendiri juga masih kurang, contohnya saja pemakaian helm bagi pengendara motor. Anggapan yang beredar malah, pake helm karena takut ada razia polisi, jadi karena sayang duit keluar kalo ditilang dan bukan sayang dengan kepala sendiri. Selain itu banyak yang hobinya nyalip kendaraan walaupun udah mepet banget, terutama yang pakai sepeda motor, yang efeknya gampang banget keserempet (bingung bahasa indonesianya yg sesuai EYD apa ya? :D). Belum lagi ada yang suka berkendaraan dengan kecepatan tinggi, semuanya seperti memperlihatkan yang berkendara seakan tidak terlalu memperhatikan nyawanya. Saya suka salah satu slogannya kepolisian, saya lupa kata-kata pasnya tapi intinya, hati-hatilah berkendaraan dan ingat keluarga Anda menunggu dirumah. Kalau saya pulang ke kampung, di sebuah desa di Sumatra Barat. Sangat sedikit yang memakai helm kalau masih berkendaraan di dalam kecamatan. Kalau mau ke ibukota kabupaten, barulah helm dipakai, itupun bukan yang standar SNI. Helm seperti helm proyekpun masih banyak beredar. Dan lihatlah efeknya, tingginya angka kecelakaan lalu lintas dengan terluka parah dibagian kepala karena tidak memakai helm Kalau saya mau keluar dan bersiap dengan helm saya, tanggapan keluarga besar saya malah, kenapa pakai helm? Kan dekat? Ga ada polisi kok? Saya jawab saja kalo saya pake helm bukan karena polisi. Padahal beberapa tahun lalu sepupu saya meninggal karena pendarahan didalam kepala setelah beberapa hari kecelakaan, dan saat kecelakaan terjadi dia sedang tidak memakai helm. Dan entah berapa banyak yang bisa mengambil pelajaran dari sekian banyak kecelakaan yang terjadi disekeliling kita. Keheranan saya yang lainnya, yang baik dan benar akan selalu dianggap anehdi negeri saya yang bernama Indonesia.

41786_143352059035076_9284_n2



Nah, saya rasakan kepedulian ini yang masih kurang oleh kita, bahwa safety riding itu penting dan nyawa kita sangatlah berharga. Di Jepang bisa dikatakan semuanya mau mematuhi aturan lalu lintas, selain karena aturannya memang jelas dan tegas, orang-orangnyapun punya keinginan kuat untuk patuh. Pengendara sepeda motor pasti memakai helm dan menghidupkan lampu walau disiang hari. Pejalan kaki adalah nomor satu, yang jika menyeberang akan selalu didahulukan. Dan mematuhi lampu lalu lintas adalah sebuah kewajiban yang tidak akan dilanggar. Kalaupun ada jumlahnya sedikit sekali. Saya pernah pulang hampir tengah malam dengan teman-teman. Di perempatan yang sangat sepi sekali, 1 mobil tetap dengan setia menunggu lampu hijau.. Menghormati hak semua pemakai jalan dan hak diri sendiri untuk dijaga keselamatannya mungkin inilah yang menyebabkan tingkat kecelakaan lalu lintas di Jepang relatif rendah selain itu didukung oleh sistem dan aturan yang jelas dan tegas dari pemerintahnya.

Sebenarnya peraturan memakai kendaraan di Indonesia sudah jelas, tapi prakteknya yang belum jelas. Aturan tentang rambu-rambu lalu lintas beserta artinya. Kira-kira rekan2 berapa persenkah mengetahui ttg arti rambu lalu lintas? Selain rambu ada yang namanya marka jalan. Hayo ngerti ga bedanya apa? Trus aturan-aturan lainnya seperti batas kecepatan, pemakaian handphone di jalan, keharusan menghidupkan lampu disiang hari. Semua aturan tersebut sebenarnya untuk keselamatan kita, tapi sayangnya dalam prakteknya kita jarang memperhatikan hal tersebut. Betapa kita jarang mencoba memahami kembali aturan-aturan lalu lintas dan mempraktekkannya demi keselamatan kita, bukan demi nyawa orang lain. Intinya, peduli,pelajari, pahami dan praktekkan. Dampaknya bukan buat diri kita saja, tapi juga keluarga kita. Ingat banyak yang akan kehilangan kita, kalau kita harus menjadi korban kecelakaan lalu lintas baik itu korban nyawa, cacat, ataupun materi untuk mengganti semua kerugian yang ada. Hidup hanya sekali, maka jadilah berarti ^_^. Mari implementasikan semua aturan itu dalam hidup kita kemudian tularkan pada sekeliling kita. Safety riding for our life, because our life is very precious, isnt it? Minnasan.. Ganbarimashou.. Teman-teman semua, mari kita berusaha!! :)

images6

lalulintas1


TAGS blogger for safety riding kecelakaan lalu lintas


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post