• 8

    Aug

    Cerita Ramadhan

    Kenangan Ramadhan selalu menyenangkan.. Saya dibesarkan di Sumatra Barat yg berkonsep Adat Basandi syara’ dan syara’ bsandi KItabullah. Sejak kecil sudah biasa di lingkungan yg walaupun bukan pesantren, setidaknya sampe kls 5 SD ikutan MDA trus TPA dkt rumah. Ramadhan selalu jadi cerita menyenangkan karena yang terbayang adalah makanan nikmat setelah seharian berpuasa hehe (ingatnya kok makanan aja sih :p) Pindah lingkungan, tapi Ramadhan selalu membuat ceria.. Biasanya TPA dan MDA punya acara saat Ramadhan, ada macam2 lomba, jadi ada macam2 hadiah. Tambah besar, Ramadhan tetap punya kenangan. Ketika awal SMA, mushola di kompleks saya punya kebiasaan unik. Setiap malam setelah sholat isya, sebelum ustdz naik mimbar memberi ceramah tarawih, kami yg remaja2 masjid diberi kesempa
  • 8

    Aug

    ayo semangat lagi!!

    Ga kerasa ternyata sudah lama sekali saya tidak mengisi tulisan di blog ini ya.. jadi malu :) Sudah begitu banyak peristiwa dilalui dalam 6 bulan ini.. Dua musim sudah berganti, dari musim semi (haru) menjadi musim panas (natsu).. Dari Jumadil awal dan sekarang sudah masuk ke Ramadhan yang mulia.. Banyak cerita berlalu, banyak kisah dan pengalaman telah dialami, kerja pusing menyelesaikan thesis juga Alhamdulillah sudah terlewati.. AYo!! semangat menulis lagi!! Ganbatte ne….!! Fujisawa, 8 ramadhan 1432H, menunggu buka ^_^
  • 5

    Apr

    Sekai ni Hitotsu Dake no Hana

    Nemu lagu bahasa jepang yg liriknya bagus, sekalian bisa belajar nihongo SMAP Sekai ni Hitotsu Dake no Hana/ The Only Flower Of Our Kind In The World Lyrics: Makihara Noriyuki Music: Makihara Noriyuki Hanaya no misesaki ni naranda Ironna hana o miteita Hito sorezore konomi wa aru kedo Doremo minna kirei dane Kono naka de dare ga ichiban da nante Arasou koto mo shinai de Baketsu no naka hokorashige ni Chanto mune o hatteiru Sore na noni bokura ringen wa Doushite kou mo kurabeta garu? Hitori hitori chigau noni sono naka de Ichiban ni naritagaru? Sousa bokura wa Sekai ni hitotsu dake no hana Hitori hitori chigau tane o motsu Sono hana o sakaseru koto dake ni Isshou kenmei ni nareba ii Komatta youni warai nagara Zutto mayotteru hito ga iru Ganbatte saita hana wa dore mo Kirei dakara shi
  • 12

    Feb

    Indah pada waktunya

    Diambil dari website seorang teman, mohon ijinnya karena maknanya mendalam sekali, Indah pada waktunya.. Like it ^_^ ——————————————————————————————————————————— Aku meminta pada Allah setangkai bunga yang segar Ia beri aku kaktus berduri Aku minta pada Allah binatang mungil nan cantik Ia beri aku ulat berbulu Aku sedih, protes dan kecewa.. Betapa tidak adilnya ini!! Namun kemudian Kaktus itu berbunga indah, bahkan sangat indah Dan ulat bulu itupun tumbuh dan berubah menjadi kupu-kupu yang amat cantik Itulah jalan Allah, i
  • 15

    Jan

    Karena Diri Kita Sangatlah Berharga

    Safety riding? Apaan tuh? :D Saya mau cerita sedikit ah dari pengalaman disekeliling saya. Kecelakaan lalu lintas mungkin yang paling jarang saya temui ditempatsekarang saya berada, Fujisawa, Jepang. Jangankan kecelakaan, bunyi klakson aja jarang banget. Kok bisa ya? Saya juga heran banget. Okelah anggap Fujisawa bukan kota yang terlalu besar, tapi Tokyo dan Yokohama adalah kota metropolitan. Yang tentunya kendaraan juga bejibun, tapi kondisi yang sama tetap saya rasakan. Bunyi klakson aja jarang, apalagi kecelakaan, heran kan ^_^ Ini sangat beda sekali dengan kota kecil tempat saya sebelumnya. Cuma kota kecil tapi hampir setiap rumah punya motor, dan yang menakjubkan angka kecelakaan motornya gede banget. Klo ke RS pasti tiap hari ada aja yang jadi korban kecelakaan lalu lintas, dan yg
  • 1

    Nov

    Laut, Pembatas Negeri

    Melanjutkan kembali cerita tentang laut, tapi kali ini dengan topik berbeda.. Masih ingat kejadian heboh Agustus lalu? saat beberapa hari sebelum hari kemerdekaan RI, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan ditangkapnya beberapa pegawai Kementrian Kelautan dan Perikanan di perairan laut antara Indonesia-Malaysia. Kejadian ini ditanggapi dengan kemarahan banyak rakyat Indonesia, bahkan ketika Pidato Kenegaraan tanggal 16 Agustus, pidato presiden SBY yang menyinggung tentang kedaulatan negara dianggap tidak relevan dengan kejadian tsb. Setelah itu demo2 tak henti2nya terjadi, sampai pembakaran bendera Malaysia. Ada juga demo agar Indonesia tidak memakai produk Malaysia, termasuk tayangan Upin Ipin. Padahal saya suka banget sama Upin Ipin karena tayangannya bagus dan mendidik, dan
  • 28

    Oct

    Episode Alam : Laut (1)

    Mari memandang sekeliling dan rasakan alam disekitar kita, semua telah diciptakan dengan begitu sempurna.. Alam adalah sahabat kita, tempat kita tumbuh, mencari rezeki dan menjalani kehidupan sesuai dengan titahNya.. tapi akibat keserakahan manusia yang akhirnya menyebabkan tatanan yang sempurna ini berubah, dan akhirnya berbalik.. Menghancurkan manusia, sang khalifah yang tak mampu menjaganya sesuai dengan amanat yang diberikan pada mereka.. Laut ” Allohlah yang menundukkan laut untukmu agar kapal-kapal dapat berlayar diatasnya dengan perintahNya dan agar kamu dapat mencari sebagian karuniaNya, dan agar kamu bersyukur ” (Q.S 45:12) Siapa yang suka pantai? saya yakin pasti banyak diantara kita yang senang dengan pantai, karena salah satu objek wisata penting dineg
  • 23

    Oct

    Pelangiku

    Juli 2008. Masih terbayang wajah-wajah sumringah itu, penuh ingin tahu dan begitu bersemangat dengan sekolah barunya ditempat yang jauh dari orang tua mereka. Berat pasti, untuk pertama kalinya berpisah dengan orang tua. Masih sekolah setingkat SMP tapi sudah sekolah beda kabupaten, di asrama lagi. Untuk pulang butuh naik bus sekitar 2-3 jam dan itupun karena aturan sekolah juga ga bisa sering-sering. Saya kagum dengan keberanian mereka, 3 anak luar biasa dari Pasaman, Moi, Dhia dan Yuli adik2ku yang luar biasa yang akhirnya memulai sekolahnya di SMPIT Darul Hikmah Pasaman Barat. Hari pertama kami menempati asrama rasanya luar biasa. Rumah kosong, harus diisi macem2 dan ketika orang tua sudah kembali ke rumahnya masing2 mulailah saya berinteraksi dengan anak2 luar biasa ini den
  • 22

    Oct

    Layanan Prima

    Pelayanan Prima.. itu mungkin kata-kata yang sering kita dengar dalam hal layanan publik, baik pemerintah ataupun swasta. Tapi nyatanya kata2 tsb hanya tinggal kata dan prakteknya bisa sangat berbeda, terutama layanan di kantor pemerintahan. Malah ada celotehan yang menyindir kinerja pelyanan “kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah” Sebuah cermin bahwa layanan kalau bisa dibuat rumit kenapa tidak. Saya ingin bercerita bagaimana pelayanan publik begitu nyaman dirasakan di Jepang. Pada hari pertama kedatangan di Jepang, saya diantar oleh Shimizu san, dari Asiaseed -sponsor kuliah saya- , ke city hall kota fujisawa untuk mengurus KTP Jepang. nama KTPnya aja lucu, alien card. Orang asing bener2 dianggap alien ama orang Jepang hehe, padahal klo kita inget film2 yg namanya alien be
  • 11

    Jun

    Kasih Tak Terhitung

    Terharu.. itulah yang saya rasakan sehabis membaca novelnya Tere Liye serial anak-anak Mamak. Saya udah baca 2 novel serial ini yang berjudul Burlian dan Pukat. Selain itu, novel ini juga penuh petualangan, tentang kehidupan desa yang kalo saya bilang, memang masa kanak-kanak akan penuh petualangan. Kemudian banyak pesan juga dari buku ini terutama tentang alam, kejujuran, persahabatan dan sifat-sifat positif yang bisa diteladanai oleh anak-anak dan juga kita orang dewasa.. Terharu seperti yang saya tulis di awal tulisan ini bener2 saya rasakan setelah membaca bab yang berjudul “seberapa besar cinta Mamak”. Entah kenapa selesai membaca novel tersebut saya teringat Ibu saya dirumah. Teringat bagaimana kami -anak2 beliau- melewati masa kecil kami dulu. Bagaimana perjuangan dan p
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post